Seorang Wartawan Tewas Ditembak Pria Bermotor

RUBRIK.co.id- Pria bersepeda motor membawa senjata api dan menembak seorang wartawan di Kolombia. Disebut, di negara itu terjadi peningkatan pembunuhan terhadap jurnalis.

Dilansir AFP Selasa 29 November 2022 kantor kejaksaan menulis di Twitter bahwa mereka telah “mengetahui kematian junalis dan pemimpin sosial Wilder Alfredo Cordoba” di kota barat daya La Union.

Walikota La Union, Fabian Echeverria mengatakan kepada AFP bahwa orang-orang bersenjata di atas sepeda motor telah menembak Cordoba, yang “berusia sekitar 40 tahun.”

Tembakan disebut dilakukan sebanyak tiga kali saat korban melakukan perjalanan di daerah pedesaan pada Senin 29 November 2022 sore.

Echeverria telah menawarkan hadiah $4.000 “untuk informasi yang mengarah pada identifikasi dan penangkapan” dari mereka yang bertanggung jawab.

Advertisement

Kantor kejaksaan mengatakan mereka telah mengirim penyelidik ke TKP.

Cordoba adalah direktur saluran televisi lokal yang “memublikasikan informasi yang mengkritik pemerintah daerah dan tentang ketidakamanan di wilayah tersebut di halaman Facebook-nya,” tulis Yayasan Kebebasan Pers Kolombia (FLIP) di Twitter.

Organisasi tersebut mendesak pihak berwenang untuk menyelidiki karya jurnalistik Cordoba “sehubungan dengan pembunuhannya”.

Menurut FLIP, kekerasan terhadap jurnalis di negara tersebut telah meningkat, dengan hampir 770 orang menjadi korban beberapa bentuk agresi pada tahun 2021.

Institut Pers Internasional mengatakan “khawatir dan sangat sedih” dengan pembunuhan keempat seorang jurnalis di Kolombia sejak Agustus.

Advertisement

Pada bulan Oktober, seorang jurnalis dibunuh dengan cara yang sama oleh orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor di kota utara Montelibano.(sumber detikcom)

Komentar